All New Honda Civic Type R: Mobil Sport Terbaru dengan Desain Agresif dan Performa Terbaik


All New Honda Civic Type R

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan generasi terbaru mobil sport-nya, All New Honda Civic Type R, pada tanggal 30 Maret 2023 di Jakarta. Merupakan pengembangan dari model sebelumnya, model terbaru ini menawarkan desain yang semakin agresif, aerodinamis, dan mesin dengan tenaga terbesar yang pernah diproduksi oleh Honda untuk model Civic.

All New Honda Civic Type R berhasil mencatat rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang, dengan mencatat Lap Time 2 menit 23.120 detik. Prestasi ini menunjukkan performa mobil yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa.

Tidak hanya menghadirkan performa yang memukau, Honda juga menawarkan pilihan warna yang beragam. Terdapat 5 pilihan warna yang tersedia yaitu Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl, dan Racing Blue Pearl. Konsumen dapat memilih warna yang paling sesuai dengan preferensi dan gaya mengemudi mereka.

Penampilan Agresif dan Aerodinamis

All New Honda Civic Type R menawarkan tampilan yang sporty dan agresif. Terdapat Gloss Black Front Spoiler, Front Fender Outlet, Gloss Black Side Sill Garnish, Gloss Black Rear Spoiler, Gloss Black Rear Diffuser, dan Triple Outlet Exhaust with Active Exhaust Valve yang memberikan kesan lebih sporty.

Konsep desain bodi aerodinamis pada All New Honda Civic Type R memberikan keseimbangan saat bermanuver. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Full LED Headlights with LED Daytime Running Lights, Rear LED Headlights, Auto Foldable Door Mirror with LED Turning Signal, dan Rear Fog Light.

Untuk memaksimalkan tampilannya, mobil ini menggunakan Alloy Wheel berukuran 19 inci berwarna Matte Black yang dipadu dengan ban berkarakter sport.

Interior Mewah dan Sporty

Desain interior All New Honda Civic Type R sangatlah mewah dan sporty. Desain dashboard menggunakan warna dominan hitam dan merah, memberikan kesan modern. Kursi serta karpet mobil berwarna merah, terkesan mewah dan nyaman.

Speedometer menggunakan 10,2” TFT twin-meter dengan jarum warna kuning yang menjadi ciri khas dari Type R. Instrumen panel A/C menggunakan pilihan serta corak warna Polarized gunmetal yang memberikan kesan elegan. Center console panel, tuas transmisi, serta sports pedal menggunakan bahan alumunium yang semakin menonjolkan karakter sporty.

Kursinya menggunakan Sport Bucket Seats with Red Suede Style Fabric berwarna vivid red yang sangat cocok dengan tema sporty pada mobil ini. Roda kemudinya menggunakan material Alcantara Steering Material dengan aksen merah.

Head unit pada All New Honda Civic Type R menggunakan layar sentuh 9” yang dapat digunakan untuk menikmati audio dalam berbagai format serta dapat terhubung dengan smartphone.

Tenaga dan Performa yang Menakjubkan

All New Honda Civic Type R menawarkan performa yang tak terkalahkan di kelas mobil sport dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbocharged yang memiliki tenaga maksimal 319 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 420 Nm pada 2.600 – 4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh Rev Match System, memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi. Mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 272 km per jam dan mencatatkan waktu 5,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 km per jam.

Untuk menunjang performa yang luar biasa, All New Honda Civic Type R dilengkapi dengan adaptive damper, suspensi depan Dual axis strut, suspensi belakang Multi-link rear, serta kemudi Dual Pinion EPS yang responsif dan stabil pada kecepatan tinggi. Semua fitur tersebut menjamin keseimbangan mobil saat bermanuver pada kecepatan tinggi.

All New Honda Civic Type R juga dilengkapi dengan fitur Honda LogR Datalogger System sebagai panduan berkendara dan dapat diatur secara personal, berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan 4 mode berkendara: Comfort, Sport, +R, dan Individual yang dapat disesuaikan dengan karakter pengemudi.

Fitur Keselamatan Honda Sensing

All New Honda Civic Type R bukan hanya menghadirkan performa tinggi dan desain yang sporty, namun juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan terkini dari Honda. Teknologi keselamatan tersebut dikenal dengan sebutan Honda Sensing yang menghadirkan berbagai fitur canggih untuk memberikan perlindungan maksimal bagi pengemudi dan penumpang.

Selain Honda Sensing, model terbaru kali ini juga dilengkapi dengan 8 airbags, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Lock, Smart Entry System, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, serta Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Semua fitur tersebut dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal dan memberikan rasa aman saat berkendara.