5 Penyebab Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Putih

Pernahkah Anda melihat knalpot mobil mengeluarkan asap putih? Kondisi ini dapat menunjukkan adanya potensi kerusakan pada komponen mobil. Bukan hanya memperburuk tampilan, tetapi hal ini juga bisa menimbulkan kerusakan yang lebih serius jika dibiarkan. Berikut adalah 5 penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih yang perlu Anda ketahui.

 

Air Pendingin Bocor

Air pendingin yang bocor dan masuk ke dalam sistem pembakaran mobil atau exhaust bisa disebabkan oleh dinding silinder yang sudah retak. Air pendingin memiliki peran penting dalam menjaga suhu mesin kendaraan tetap stabil. Bila terjadi kebocoran, suhu mesin akan terus meningkat dan akhirnya knalpot akan mengeluarkan asap putih. Ini adalah kondisi yang harus segera diperbaiki untuk mencegah kerusakan mesin yang lebih serius.

 

Oli Masuk ke Ruang Mesin

Knalpot mobil mengeluarkan asap putih juga bisa disebabkan oleh bocornya oli ke ruang mesin, yang kemudian juga ikut terbakar dan menghasilkan asap putih. Adanya bau sangit seperti cairan yang terbakar juga ikut menandakan hal ini.

Bocornya oli ke ruang pembakaran bisa disebabkan oleh gasket bocor, klep bocor, silinder mesin aus, atau dinding silinder yang retak. Kebocoran ini juga bisa dipengaruhi oleh usia mobil, di mana terjadi keausan komponen setelah digunakan dalam jangka waktu lama, seperti karet dan klep yang sudah getas.

Karena oli mesin berperan melumasi berbagai komponen mobil, jika volume oli terus berkurang, tentunya komponen-komponen yang tidak dilumasi akan mulai bergesekan dan akhirnya menimbulkan kerusakan. Jadi, kebocoran oli mesin perlu segera diperbaiki sebelum menimbulkan masalah serius lainnya.

 

Sisa Air dalam Knalpot

Asap putih dari knalpot mobil tidak selalu menunjukkan masalah serius. Asap berwarna putih ini bisa saja disebabkan oleh tetesan air yang terperangkap di dalam knalpot. Ketika gas buang melewati knalpot, tetesan air tadi akan menguap dan berubah menjadi asap yang sedikit berwarna putih.

Biasanya, kondisi ini berlangsung dalam waktu singkat dan akan hilang setelah semua sisa air dalam knalpot menguap. Namun, sebaiknya jangan biarkan air masuk ke dalam knalpot secara terus-menerus, hal ini akan membuat pipa pembuangan semakin cepat keropos.

 

Kerusakan pada Sistem PCV

Sistem Positive Crankcase Ventilation atau PCV berperan penting dalam kinerja mesin mobil. PCV bertugas mengeluarkan uap gas yang gagal melalui proses pembakaran dan kemudian mengalirkannya kembali ke silinder supaya bisa menjalani proses pembakaran ulang.

Apabila ada oli yang masuk ke dalam saluran tersebut, knalpot bisa mengeluarkan asap berwarna putih. Untuk menghindarinya, pemeriksaan rutin pada sistem PCV perlu dilakukan dan secepatnya melakukan perbaikan bila ditemukan adanya masalah. Tujuannya adalah untuk memperkecil resiko knalpot mobil mengeluarkan asap putih.

 

Pengembunan Gas Buang

Asap knalpot berwarna putih tipis juga bisa terjadi pada mobil modern dengan teknologi terbaru. Penyebabnya adalah campuran udara dan bahan bakar minyak (BBM) yang terbakar sempurna.

Proses pembakaran yang sempurna akan menghasilkan gas buang berkualitas, yang mana mengandung titik-titik air. Ketika gas buang masuk ke knalpot yang masih dingin, titik air tadi akan menguap dan menghasilkan asap putih tipis. Kondisi ini termasuk wajar, apalagi pada pagi hari atau saat cuaca dingin.

Asap putih tipis ini juga menandakan proses pembakaran yang baik. Walaupun demikian, tidak jarang ditemukan air bening keluar dari knalpot tanpa berubah menjadi asap. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena asap putih tipis ini bisa saja menunjukkan kondisi mobil yang masih baik.

 

Untuk menjaga semua komponen mobil tetap prima, penting untuk melakukan pengecekan dan perawatan berkala pada mobil Anda. Hal ini akan memperkecil resiko knalpot mobil mengeluarkan asap putih, sekaligus memastikan perjalanan lebih aman. Rawatlah mobil Anda dengan baik dan jangan biarkan masalah kecil berubah menjadi masalah serius karena bisa membahayakan perjalanan Anda!