Berkendara di Jalan Tol, Waspada Highway Hypnosis


Berkendara di Jalan Tol, Waspada Highway Hypnosis

Berkendara di jalan tol mengharuskan kita selalu waspada setiap saat. Salah satu penyebab kecelakaan di jalan tol adalah Highway Hypnosis, yuk simak penyebab dan cara mencegahnya.

Highway Hypnosis adalah kondisi di saat pengemudi berpikiran kosong ketika berkendara di jalan tol yang lurus, panjang dan sepi. Hal ini berpotensi membuat pengemudi merasa bosan dan akhirnya tertidur bila terus dibiarkan.

Kendaraan yang melintas di jalan tol cenderung melaju dengan kecepatan tinggi, sehingga hilangnya konsentrasi untuk sesaat bisa berakibat kecelakaan. Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Terjadinya highway hypnosis bisa dicegah dengan mendengarkan lagu dan ikut bernyanyi supaya tetap terjaga. Akan lebih baik lagi jika ada penumpang lain untuk diajak mengobrol.

Pengemudi juga bisa sering mengatur ulang posisi duduk. Selain bertujuan supaya tetap terjaga, hal ini juga bisa membantu badan tidak kaku akibat mengemudi dalam waktu lama.

Apabila masih tidak berhasil, pengemudi perlu menepi atau berhenti di tempat peristirahatan untuk beristirahat sejenak, menyegarkan kembali pikiran sebelum melanjutkan perjalanan.

Untuk mengurangi resiko terjadinya highway hypnosis, pastikan kondisi badan sehat ketika hendak berkendara di jalan tol. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi prima dengan melakukan perawatan berkala di bengkel resmi.