Kenapa Berkendara Jarak Jauh Perlu Istirahat?


Berkendara Jarak Jauh Perlu Istirahat

Aktivitas berkendara atau mengemudi mengharuskan kita untuk selalu fokus, tentu saja kondisi fisik dan mental harus prima, terutama ketika menempuh jarak jauh.

Bepergian ke luar kota seringkali dilakukan menggunakan mobil pribadi. Ini berarti pengemudi akan berkendara selama berjam-jam, dan hal ini tentu saja melelahkan sehingga pengemudi perlu beristirahat. Kenapa perlu istiharat? Berapa lama durasi mengemudikan mobil yang ideal?

Dalam kondisi badan sehat, pengemudi yang berkendara tanpa berhenti selama 3-4 jam sebaiknya meluangkan waktu 30 menit untuk beristirahat. Tujuannya adalah menjaga stamina dan menghindari kelelahan. Rasa lelah dan kantuk akan mengganggu konsentrasi pengemudi saat berkendara, dan hal ini bisa menyebabkan kecelakaan.

Ketika berkendara menempuh jarak jauh, hindari berpikir untuk bisa cepat sampai, namun kita harus mengutamakan keselamatan. Alternatif lain adalah berkendara secara bergantian, sehingga ada yang menggantikan saat salah satu pengemudi merasa lelah.

Jangan lupa memeriksa komponen-komponen mobil sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan juga Anda melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi supaya kondisi mobil selalu prima.