Intensitas Penggunaan Mobil Mempengaruhi Kondisi Aki


Intensitas Penggunaan Mobil Mempengaruhi Kondisi Aki

Sebagai pemilik mobil, ada banyak komponen yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah aki yang memiliki peran penting.

Tanpa aki, mobil pun tidak akan bisa menyala walaupun komponen lainnya dalam kondisi baik. Hal ini mengharuskan pemilik mobil untuk memperhatikan kondisi aki. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah penggunaan mobil itu sendiri, karena intensitas penggunaan mobil mempengaruhi kondisi aki.

Mobil yang jarang digunakan, apalagi di masa pandemi di mana mobilitas sangat dibatasi, akan berdampak pada kondisi aki. Mobil yang parkir terlalu lama perlu dipanasi secara rutin, dengan tujuan menjaga kondisi komponen-komponennya, termasuk aki mobil.

Apabila pemilik mobil lalai dan mobil tidak dipanaskan secara rutin, suplai aliran listrik tidak akan mencukupi, dan akhirnya kapasitas listrik pada aki mobil akan terus menurun.

Sebaliknya, mobil yang terlalu sering digunakan juga akan menurunkan performa aki. Penggunaan mobil yang intens akan membuat air aki lebih cepat habis, terutama pada aki basah. Mobil bisa saja berhenti di tengah jalan apabila pemilik mobil jarang memeriksa kondisi aki.

Tentunya Anda tidak mau mobil berhenti di tengah jalan kan? Melihat bagaimana intensitas penggunaan mobil mempengaruhi kondisi aki, pemilik mobil perlu memeriksa kondisi aki secara rutin untuk menjaga kondisinya.