Cara Aman Mengendarai Mobil Matic


Hindari Kebiasaan Berbahaya Mengendarai Mobil Matic

Berkendara dengan mobil bertransmisi otomatis memang lebih mudah dan santai, dan sangat terasa perbedaannya ketika kondisi jalanan macet. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil matic, salah satunya adalah kebiasaan menginjak pedal rem.

Kebiasaan mengendarai mobil matic dengan menggunakan kaki kiri untuk menginjak pedal rem bisa mempengaruhi kondisi komponen mobil. Pengemudi bisa saja secara tidak sengaja menginjak pedal gas dan rem secara bersamaan. Hal ini bisa memangkas usia komponen seperti kopling pada transmisi otomatis, karena putaran kopling terhambat oleh tekanan rem. 

Selain itu, pengemudi yang sebelumnya menggunakan mobil manual terbiasa menginjak kopling hingga dalam. Apabila kebiasaan ini diterapkan saat beralih ke mobil matic dan kaki kiri menginjak pedal rem hingga dalam, mobil akan berhenti secara mendadak dan beresiko tertabrak dari belakang.

Oleh karena itu, ketika mengendarai mobil matic, biasakan hanya menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal gas dan rem secara bergantian guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.