Kenali Tanda-Tanda Kampas Kopling Menipis


Kenali Tanda-Tanda Kampas Kopling Menipis

Pemilik mobil tentunya perlu memperhatikan dan menjaga performa mobil mereka supaya tetap optimal. Berbagai komponen dapat mempengaruhi performa tersebut, dan salah satunya adalah kampas kopling.

Kampas kopling berperan menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi mobil. Kampas kopling yang sudah tipis atau aus akan berdampak pada turunnya performa mobil dan bahkan bisa membahayakan penumpangnya. Kenali tanda-tanda kampas kopling yang sudah menipis:

1. Akselerasi melambat

Melambatnya akselerasi mobil merupakan gejala awal menipisnya kampas kopling, dan akan menyebabkan tenaga mesin juga turun.

2. Bau hangus

Kampas kopling yang mulai aus menimbulkan bau hangus seperti karet terbakar, awalnya hanya tercium di luar mobil dan nantinya juga akan tercium dari dalam kabin.

3. Sulit berpindah gigi

Kampas kopling yang menipis juga bisa menyebabkan kesulitan memindah gigi karena menjadi lebih keras dan kaku.

4. Putaran mesin meningkat

Dampak lain adalah meningkatnya putaran mesin karena melemahnya akselerasi mobil serta permukaan kampas yang lebih licin.

5. Selip kopling

Kondisi ini sangat terasa ketika berjalan menanjak, di mana mesin mobil meraung keras namun tidak menghasilkan tenaga seperti yang seharusnya.

6. Lebih Boros BBM

Melambatnya akselerasi dan kebutuhan tenaga yang lebih besar membuat mobil semakin boros bahan bakar.

---------------

Apabila Anda merasakan munculnya tanda-tanda tersebut, segera periksakan mobil Anda untuk mengetahui kondisi kampas koplingnya. Kampas kopling yang sudah tipis atau aus perlu segera diganti karena bisa membahayakan pengemudi, khususnya ketika menanjak atau menyalip kendaraan lain.