Cara Mencegah Timbulnya Karat di Musim Hujan


Cara Mencegah Timbulnya Karat di Musim Hujan

Para pemilik mobil harus lebih waspada terhadap resiko munculnya karat di saat musim hujan. Bila mobil sudah mulai berkarat dan dibiarkan, maka karat akan menyebar dengan cepat dan sulit diatasi. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya?

Salah satu faktor penyebab munculnya karat adalah tingginya kandungan mineral pada air laut yang bersifat korosif, sehingga pemilik mobil yang sering beraktivitas atau bahkan tinggal di area dekat pantai harus lebih waspada.

Air hujan yang juga mengandung mineral dan memiliki tingkat keasaman tinggi menjadi salah satu faktor lain penyebab timbulnya karat. Bekas goresan atau benturan yang membuat cat mobil mengelupas akan semakin memicu timbulnya karat.

Hal terpenting dalam pencegahan karat di bodi mobil adalah menjaga kebersihan mobil sebaik mungkin. Terutama di musim hujan yang cuacanya tidak menentu, pemilik mobil perlu lebih sering mencuci mobil mereka, dan kemudian dikeringkan secara manual.

Memperbaiki bekas goresan atau tabrakan juga menjadi salah satu cara menghambat timbulnya karat pada bodi mobil. Melapisi bodi mobil dengant anti karat juga bisa menjadi alternatif lain untuk mencegah karat.

Sering-seringlah mengecek bodi mobil dan apabila sudah muncul karat, segera lakukan tindakan untuk mengatasinya sebelum karat menyebar dan merusak bodi mobil Anda.