Mau Mobil Lebih Awet? Hindari Jalan Berlubang


Hindari Jalan Berlubang Supaya Mobil Lebih Awet

Di saat musim hujan, kita seringkali menjumpai jalan yang rusak atau berlubang, yang mana beresiko menimbulkan kecelakaan. Apa alasannya?

Melewati jalan berlubang bisa berdampak buruk pada komponen-komponen mobil, seperti ban pecah, velg rusak, atau memperpendek usia suspensi. Kerusakan-kerusakan ini tentunya akan menghambat perjalanan Anda, bahkan kejadian seperti ban pecah bisa berakibat kecelakaan.

Jadi, jalan berlubang seperti apa yang masih bisa ditoleransi? Apabila Anda hendak menerobos lubang di jalan, usahakan kedalamannya tidak lebih dari 5 cm dan lebarnya juga tidak besar guna mencegah ban pecah atau velg rusak. Sebisa mungkin kurangi kecepatan mobil Anda ketika akan menghantam lubang. Walaupun demikian, menerobos lubang selalu ada konsekuensinya bagi komponen mobil.

Sebaiknya Anda berusaha menghindari lubang ketika berkendara, namun Anda harus tetap memperhatikan kondisi jalan di sekitar. Apabila hendak melakukan pengereman, pastikan jarak mobil di belakang Anda cukup jauh. Bila hendak menghindari lubang dengan bergerak sedikit ke samping, pastikan ada ruang yang cukup.