Persiapan Berkendara Saat Hujan


Persiapan Berkendara Saat Hujan

Mengendarai mobil saat kondisi hujan memiliki tantangan tersendiri. Resiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan juga meningkat. Jalanan basah dan jarak pandang terbatas mengharuskan pengemudi untuk lebih berhati-hati.

Walaupun demikian, kadang kita terpaksa harus berkendara dalam kondisi hujan, entah itu bekerja atau ada keperluan penting. Berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum menerjang hujan:

1. Pilih rute yang aman dan sering Anda lewati

Memilih rute yang sering Anda lewati akan memudahkan perjalanan. Usahakan memilih rute yang aman untuk dilalui, misalnya menghindari jalan yang Anda ketahui berlubang atau sedang ada perbaikan.

Bila harus pergi ke tempat baru dan melewati jalanan yang asing bagi Anda, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu mengenai rute yang akan dilewati. Mengemudi dengan tenang tanpa rasa takut salah mengambil jalur akan sangat membantu.

2. Periksa lampu mobil

Pastikan lampu mobil Anda berfungsi dengan baik atau semuanya menyala. Lampu mobil juga harus menyala terang, supaya bisa membantu Anda melihat apa yang ada di depan Anda ketika hujan deras.

Lampu juga berfungsi menandakan keberadaan Anda bagi pengemudi lain, sehingga bisa meminimalisir kecelakaan.

3. Periksa kondisi ban mobil

Hujan menyebabkan kondisi jalanan licin. Oleh karena itu, pastikan ban mobil dalam kondisi baik. Ban yang masih bagus bisa memperkecil resiko mobil melayang atau tergelincir.

Bila ban mobil sudah tipis, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Perhatikan juga tekanan ban mobil untuk menjaga keseimbangan mobil Anda.

4. Periksa komponen utama mobil

Pastikan Anda telah memeriksa kemudi, pedal rem, gas maupun kopling. Sedikit saja masalah pada komponen-komponen ini bisa membawa masalah serius ketika dikendarai saat hujan. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

5. Periksa wiper mobil

Kondisi wiper harus dipastikan masih normal. Wiper yang sudah getas tidak mampu membersihkan kaca mobil secara optimal ketika hujan lebat, dan justru akan mengganggu pandangan pengemudinya.

6. Bawa emergency kit

Emergency kit harus selalu Anda bawa ketika berkendara, karena Anda tidak pernah tau apa saja yang akan terjadi dalam perjalanan. Membawa payung dan jas hujan juga akan sangat membantu bila Anda harus turun dari mobil untuk memeriksa mesin, ban atau komponen lainnya.

______________________________

Demikian tips yang bisa Anda lakukan sebelum berkendara dalam kondisi hujan. Berkendara akan terasa lebih tenang bila Anda telah memastikan kondisi komponen-komponen mobil Anda, sekaligus mengurangi resiko kecelakaan.