Alasan Pentingnya Perawatan Mobil


Perawatan Mobil

Mobil yang kita gunakan setiap hari tentunya juga perlu dirawat. Perawatan mobil yang umum sekalipun sangat besar manfaatnya, salah satunya supaya mobil tetap bekerja secara efisien. Namun, alasan yang lebih penting adalah faktor keselamatan. Oleh karena itu, perlu dipastikan semua komponen mobil berfungsi secara optimal untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan mobil mendasar yang perlu diperhatikan:

  1. Periksa komponen mobil secara berkala, pemeriksaan komponen dasar mobil bisa dilakukan sendiri dengan mengikuti buku panduan yang sudah disediakan, atau dengan bantuan orang yang lebih profesional. Kenali juga lampu indikator di mobil Anda.
  2. Periksa tekanan dan kedalaman tapak ban yang berpengaruh pada kenyamanan berkendara, terutama saat kondisi cuaca buruk.
  3. Periksa kinerja mesin, termasuk drive belt, oli, radiator dan filter udara, semua komponen ini berpengaruh pada performas mesin mobil Anda.
  4. Gunakan bahan bakar dengan oktan yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda.
  5. Pastikan aki terhubung dengan baik dan bersih dari karat.
  6. Ganti lampu yang sudah putus atau mati karena penerangan di malam hari sangat penting.
  7. Ganti kipas kaca yang sudah aus untuk meningkatkan visibilitas ketika hujan.

Tentunya cara mengemudi juga berpengaruh terhadap keselamatan, tetapi perawatan mobil akan mampu memperkecil resiko kecelakaan. Perawatan mobil memang memerlukan biaya, namun biaya tersebut masih lebih kecil dibandingkan kecelakaan. Keselamatan berkendara harus lebih diutamakan.