Resiko Terlalu Lama Parkir di Rumah


Banyak pemilik mobil yang beranggapan bahwa mobil yang jarang digunakan akan lebih awet. Namun, kenyataannya tidak demikian. Sejumlah komponen mobil justru bisa rusak kalau mobil lama tidak digunakan.

Salah satu komponen ini adalah ban mobil. Mobil yang diparkir terus menerus, selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, akan berdampak buruk pada ban karena tumpuan beban tidak pernah berpindah.

Akibat tekanan beban pada satu sisi hingga jangka waktu lama, ban mobil bisa mengalami masalah yang disebut "Flat Spot". Akibatnya, berkendara melewati jalan mulus akan tetap terasa bergelombang, dan tentu saja mengurangi kenyamanan.

Untuk mencegah timbulnya flat spot, perlu dilakukan pemutaran ban. Selama pandemi COVID-19 di mana kita harus tinggal di rumah, mobil tidak harus dibawa bepergian untuk mencegah flat spot. Anda cukup sedikit memajukan atau memundurkan mobil sehingga tumpuan beban pada ban berpindah.

Jangan lupa untuk sering memeriksa kondisi ban mobil Anda, sehingga pada waktu akan digunakan, ban mobil tetap dalam kondisi baik, tentunya demi keamanan dan kenyamanan berkendara Anda.