Perawatan Mobil Saat Musim Panas


Perawatan Mobil Saat Musim Panas

Mobil bukanlah sekedar barang mewah dengan harga selangit. Mobil juga menjadi satu benda bergerak yang melewati barbagai kondisi jalan dan kondisi cuaca. Dengan demikian, mobil juga merupakan barang yang harus diperhatikan perawatannya.

Merawat mobil ketika musim panas cenderung lebih mudah dibandingkan ketika musim hujan. Dan yang pasti, dengan kemauan untuk merawat secara mandiri, Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk perawatan mobil Anda. Ikutilah langkah-langkah perawatan mobil berikut ini, agar mobil Anda tetap prima ketika musim panas.

 

1.    Pilihlah Tempat Parkir yang Baik

Usahakan ketika musim panas mobil Anda selalu terparkir di tempat yang tertutup. Saat di rumah, sebaiknya parkir di dalam garai atau di bawah kanopi. Dengan demikian, mobil Anda akan jarang terkena panas matahari secara langsung.

 

2.    Perawatan Eksterior Mobil

Panas matahari yang ekstrem mengakibatkan cat mobil menjadi buram dan pecah-pecah. Untuk mengantisipasinya, lakukan pemolesan bodi mobil secara teratur. Anda juga bisa memberikan lapisan pelindung cat pada bodi mobil Anda.

Perhatikan kebersihan mobil Anda, karena ketika musim kemara debu beterbangan terbawa angin dan hinggap di bodi mobil Anda. Sebaiknya Anda mencuci mobil Anda setidaknya seminggu sekali, supaya tetap bersih dari debu yang bisa mempengaruhi keindahan mobil Anda. Memoles mobi mobil dan mencuci mobil, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama tapi dapat Anda lakukan sendiri.

 

3.    Perawatan Wiper dan Kaca Mobil

Saat Anda memarkir mobil di rumah, tegakkan batang wiper supaya tidak bersentuhan langsung dengan kaca mobil. Wiper yang lama bersentukan dengan kaca akan mengeras dan biasanya menempel sehingga dapat merusak kaca. Akan lebih baik lagi jika Anda memberikan pelindung terhadap kaca mobil Anda.

Jika kaca banyak ditempeli debu, bersihkan dengan kanebo secara manual. Bersihkan dengan hati-hati dan lembut, karena tekanan yang sering terhadap kaca juga dapat menyebabkan terjadi goresan.

 

4.    Periksa Penyejuk Mobil

Ketika musim panas, penyejuk sangat diperlukan oleh setiap orang di mana pun berada. Begitu pula ketika di dalam mobil. Agar penyejuk di dalam mobil tetap bisa berfungsi normal, maka periksalah tingkat cairan pendingin pada mobil Anda. Ketika mesin mati dan dalam keadaan dingin, cobalah pesar selang untuk memastikan bahwa selang dan tempat pendingin masih dalam keadaan terhubung dengan kencang dan tidak bocor.

Selain penyejuk untuk mobil, pastikan juga AC yang akan Anda gunakan sebagai penyejuk tubuh dapat berfungsi dengan baik. Cuaca yang panas tentunya akan banyak membuat para pengendara menggunakan AC sebagai penyejuk di dalam mobil.

Masalah AC yang sering muncul pada mobil adalah pompa AC. Jika pompa AC bermasalah maka kemungkinan AC terasa kurang sejuk. Untuk mengatasi masalah ini harus diserahkan kepada teknisi yang berkualitas.

 

5.    Merawat Interior Mobil

Jok dan dashboard mobil Anda ketika musim panas perlu diperhatikan karena ketika sering terkena panas akan menyebabkan jog dan dashboard mobil Anda kusam dan retak-retak. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat memakai tutup tirai atau pelindung lotion.

Dengan menggunakan alat-alat tersebut, interior mobil Anda akan terhindar dari efek sinar ultraviolet.

 

6.    Perhatikan Tekanan Udara Ban

Ketika musim panas, kondisi suhu yang tinggi akan menyebabkan ban mobil Anda mengembang. Sebaiknya periksa secara teratur ban mobil Anda dan pastikan bahwa angin di dalam memiliki tekanan yang sesuai.

Selain itu pastikan juga bahwa ban cadangan memiliki tekanan udara yang sesuai.

 

7.    Periksa Saringan Udara Mobil

Saringan udara mobil ketika musim panas akan sering kotor karena debu. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa saringan udara mobil Anda dapat berfungsi dengan baik sehingga Anda nyaman ketika mengendari mobil.

***

Beberapa tips merawat mobil ketika musim panas tadi dapat Anda lakukan supaya mobil Anda akan dalam keadaan prima meskipun cuaca panas.

Berbekal tips-tips di atas, Anda akan merasa nyaman saat mengendarai mobil Anda.