Tips Berkendara di Bawah Terik Matahari


Berkendara di Bawah Terik Matahari

Jika Anda memiliki mobil, tentunya mengemudi sudah sangat biasa bagi Anda. Bahkan mungkin pekerjaan Anda harus melibatkan mobil pribadi sebagai alat transportasi. Tapi ternyata banyak hal yang dapat mempengaruhi keadaan mobil Anda, baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Salah satu faktor eksternal adalah cuaca panas. Mengendarai mobil di saat cuaca panas tidak bisa dianggap remeh, apalagi jika Anda berkendara dengan jarak yang sangat jauh.

Suhu mesin yang bekerja ditambah lagi teriknya panas matahari akan membawa dampak buruk bagi mobil Anda. Bukan hanya itu dalam kondisi seperti ini, mungkin Anda tidak akan nyaman lagi mengemudi.

Anda mungkin akan merasakan jog sudah sangat panas dan alas mobil di bawah kaki Anda akan terasa panas. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar perjalanan Anda ketika cuaca sangat terik dapat berjalan dengan lancar:

 

1.    Periksa Cairan Mobil

Setiap mobil dirancang khusus dengan perlengkapan beberapa jenis cairan yang dapat mengantisipasi cuaca panas. Cairan tersebut juga dapat menjaga agar suhu mobil tetap stabil.

Namun, jika Anda tidak memperhatikan kondisnya, maka cairan mobil Anda akan tidak berfungsi dengan baik. Maka dari itu Anda harus memantau cairan mobil Anda, seperti :

  • Radiator Coolant
  • Oli mesin
  • Cairan transmisi
  • Minyak rem
  • Cairan pembersih kaca mobil

 

2.    Periksa Sabuk dan Selang Pengikat Mobil

Pastikan bahwa sabuk dan selang pengikat mobil Anda dalam kondisi layak, sehingga menjamin keamanan Anda. Panas yang menyengat dapat menyebabkan keretakan pada ikat pinggang dan selang pingikat mobil.

Jika Anda kurang paham mengenai masalah ini, sebaiknya minta mekanik/montir kepercayaan Anda untuk memeriksanya.

 

3.    Mengganti Aki Mobil

Periksa secara teratur Aki mobil Anda, karena mobil yang sering diapakai di musim panas akan mudah rusak. Aki yang rusak juga akan berdampak pada kerusakan lain pada mobil Anda.

Kemungkinan yang akan terjadi dengan Aki yang rusak adalah mobil Anda akan mogok di tengah perjalanan. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya rutin-rutinlah memeriksa Aki mobil Anda.

 

4.    Periksa Tekanan Angin Ban Mobil

Pastikan tekanan Angin pada ban mobil Anda sesuai dengan ukuran. Saat keadaan panas, ban akan mudah mengembang.

Sebaiknya mintalah tukang bengkel/montir untuk memastikan tekanan ban mobil Anda supaya aman.

 

5.    Bawalah Selalu Emergency Kit

Meskipun tidak pada cuaca panas, emergency kit harus tetap Anda bawa ketika berkendaraan.

Emergency kit ini berguna jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika dalam perjalanan. Alat-alat yang harus ada pada emergency kit antara lain :

  • Ban Cadangan
  • Dongkrak
  • P3K
  • Segitiga Pengaman
  • Kunci Roda
  • Kabel Jumper
  • Alat Pemadam Api Ringan
  • Tools kit

 

6.    Perhatikan Sistem Pendingin Mobil

Untuk menjaga konsitensi temperatur pada mobil, maka Anda harus selalu aktif memeriksa sistem pendingin mesin mobil. Sistem pendingin ini berfungsi untuk memindahkan panas pada mesin mobil Anda.

Ketika mesin mencapai temperatur tertentu, cairan pendingin akan bersirkulasi dan memindahkan panas mesin. Sistem pendingin akan bekerja ekstra ketika cuaca panas.

 

7.    Carilah Rute Jalan Yang Tepat

Lebih baik jika Anda menggunakan rute yang berfasilitas jalan raya, dari pada menggunakan jalan setapak/biasa. Jalan raya terawat dengan baik dan dapat menjaga kestabilan tekanan udara ban mobil Anda, sehingga dapat mengurangi risiko ban mobil meledak.

***

Tips-tips di atas akan sangat bermanfaat bagi Anda yang bepergian jarak jauh pada cuaca panas.

Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, kemungkinan risiko perjalanan yang Anda alami akan dapat diatasi dengan baik.