Cek 6 Komponen Mobil Ini Setelah Perjalanan Jauh


Cek 6 Komponen Mobil Ini Setelah Liburan Panjang

Setelah menempuh perjalanan jauh menemani liburan keluarga, mobil Anda juga membutuhkan perhatian khusus. Banyak komponen yang perlu diperiksa dan dirawat supaya mobil tetap prima dan siap menemani Anda saat kembali melakukan kesibukan sehari-hari. Berikut adalah 6 komponen penting yang perlu diperiksa setelah melakukan perjalanan jauh.

1. Periksa Volume dan Kualitas Oli Mesin

Oli mesin berperan sebagai pelumas untuk komponen mesin mobil. Setelah perjalanan yang panjang, volume oli mesin perlu diperiksa dan dipastikan masih mencukupi atau tidak kurang dari batas minimal. Kualitas oli juga perlu diperiksa, oli yang sudah kotor tidak mampu menjalankan fungsinya secara optimal.

Oli yang kondisinya sudah tidak baik atau volumenya rendah dapat menyebabkan gesekan berlebih pada mesin, dan hal ini bisa mengakibatkan kerusakan serius bila dibiarkan. Segera ganti oli mesin mobil Anda untuk menjaga performa mobil sekaligus membuat mesin lebih awet.

2. Periksa Volume Cairan Aki Mobil

Aki merupakan sumber energi listrik bagi mobil, yang tentunya juga memiliki usia pakai. Keawetan aki sendiri bergantung pada perawatan dan cara pemakaian mobil. Perjalanan jauh tentunya akan lebih membebani aki, ditambah lagi penggunaan perangkat elektronik di dalam mobil, seperti radio dan lampu.

Oleh karena itu, setelah menempuh perjalanan jauh, periksa kondisi aki apakah masih dalam keadaan baik dan volume cairannya masih mencukupi. Jika Anda merasa ragu, sebaiknya lakukan pengecekan di bengkel terpercaya untuk mengetahui apakah kondisi aki mobil masih baik atau sudah perlu diganti.

3. Cek Tekanan Angin dan Kondisi Eksterior Ban

Komponen berikutnya yang perlu diperiksa adalah ban mobil, yang memiliki hubungan erat dengan keselamatan berkendara. Berkendara menempuh jarak jauh, apalagi di siang hari dengan cuaca panas, membuat ban lebih cepat panas dan aus. Hal ini dikarenakan ban terus bergesekan dengan permukaan jalan.

Untuk memaksimalkan keselamatan berkendara, Anda perlu memeriksa tekanan udara di setiap ban dan memastikannya sesuai dengan rekomendasi pabrik. Periksa juga kondisi permukaan ban, seperti kondisi alur dan ketebalannya. Pastikan tidak ada benjolan, keretakan, atau benda tajam yang menancap pada permukaan ban.

4. Periksa Kondisi Kampas dan Minyak Rem

Rem mobil merupakan sistem yang krusial bagi keselamatan berkendara, dan terdiri dari beberapa komponen yang tentunya juga perlu dirawat dengan baik. Usai menempuh perjalanan jauh, perlu dilakukan pemeriksaan pada ketebalan kampas rem dan kondisi cakram rem untuk memastikan semuanya masih dalam kondisi baik.

Kampas rem yang sudah aus atau cakram yang sudah berkarat akan mengurangi efektivitas pengereman, dan hal ini akan membahayakan pengemudi maupun penumpang. Segera lakukan penggantian apabila diperlukan. Minyak rem juga perlu diperiksa dan diganti apabila kondisinya sudah kurang baik untuk memaksimalkan kemampuan pengereman kendaraan.

5. Bersihkan Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring kotoran dan partikel kecil supaya tidak masuk ke ruang pembakaran, karena hal ini dapat merusak sistem injeksi mobil. Semakin lama kendaraan digunakan, tentunya semakin banyak pula kotoran yang tersaring dan menempel pada filter ini, sehingga membutuhkan perawatan rutin dan dibersihkan secara berkala.

Filter bahan bakar yang kondisinya sudah tidak baik perlu segera diganti, karena perannya untuk menyaring kotoran sangat penting guna mencegah kerusakan yang lebih serius pada komponen lain.

6. Bersihkan atau Ganti Filter AC

Berkendara di cuaca panas, tentunya penggunaan AC mobil menjadi semakin intensif, apalagi untuk penggunaan dalam jangka waktu lama. Filter AC merupakan komponen yang menjaga kabin mobil tetap bersih dan segar, karena berfungsi menyaring debu dan kotoran supaya tidak masuk ke dalam.

Sama halnya dengan filter bahan bakar, filter AC juga perlu dibersihkan secara rutin supaya kinerjanya tetap maksimal. Dan jika kondisinya sudah kurang baik, filter AC juga perlu diganti dengan yang baru untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin mobil.

Membersihkan Eksterior dan Interior Mobil

Selain memelihara komponen-komponen yang telah disebutkan di atas, menjaga kebersihan mobil juga tidak kalah penting. Membersihkan mobil dari debu, lumpur, dan kotoran dapat menjaga cat mobil supaya lebih awet sekaligus mencegah korosi atau berkarat. Tidak hanya eksterior saja, bagian interior juga perlu dibersihkan supaya berkendara tetap nyaman.

Pastikan Mobil Tetap Bersih dan Prima

Perjalanan jauh memang membutuhkan perawatan ekstra bagi mobil, baik itu sebelum dan sesudah perjalanan. Tujuannya adalah untuk memastikan semua komponen masih dalam kondisi terbaik dan memaksimalkan keselamatan berkendara. Jadi, jangan lupa untuk melakukan perawatan kendaraan setelah mobil menemani liburan keluarga Anda. Selalu utamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara!