Honda Berkolaborasi dengan GS Yuasa Kembangkan Baterai Lithium-ion


Honda Berkolaborasi dengan GS Yuasa Kembangkan Baterai Lithium-ion

Honda Motor Co., Ltd dan GS Yuasa International Ltd resmi bekerja sama mengembangkan baterai lithium dengan daya dan kapasitas yang besar untuk mendukung mobil listrik Honda. Kolaborasi ini diharapkan mampu memenuhi suplai dan permintaan baterai mobil listrik yang terus meningkat.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Honda dan GS Yuasa akan mendirikan perusahaan baru pada akhir tahun 2023. Perusahaan ini diharapkan dapat menjadi tempat penelitian dan pengembangan yang mampu menghasilkan baterai mobil listrik dengan daya dan kapasitas lebih besar. Selain itu, perusahaan ini juga bertanggung jawab merancang sistem produksi baterai yang lebih efisien.

Toshihiro Mibe selaku Director, President and Representative Executive Officer of Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, “Honda berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan yang melibatkan Honda pada tahun 2050. Honda dan GS Yuasa telah bekerja sama dalam baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik hibrida (HEV), dan kolaborasi baru ini akan semakin mempercepat Strategi elektrifikasi Honda menuju pencapaian tujuan Honda untuk netralitas karbon.”

Selain itu, Osamu Murao selaku President and Representative Director of GS Yuasa International Ltd. juga mengutarakan pendapatnya, “Berdasarkan filosofi perusahaan kami tentang 'inovasi dan pertumbuhan,' GS Yuasa telah menghadapi tantangan untuk menciptakan teknologi energi sambil mengumpulkan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi baterai terbarukan. Melalui kolaborasi baru kami dengan Honda, kami akan berkontribusi untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan kepada pelanggan di seluruh dunia. Kami juga berusaha untuk menciptakan nilai baru untuk mewujudkan netralitas karbon.”

Honda menargetkan untuk mencapai elektrifikasi 100% pada semua modelnya secara global di tahun 2040. Untuk mewujudkan target tersebut, Honda juga telah mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan setidaknya 30 model berbasis elektrik secara global hingga tahun 2030. Rencana ini juga sejalan dengan upaya Honda untuk mencapai netralitas karbon (Zero Carbon) bagi semua produk maupun aktivitas perusahaan pada tahun 2050.