Gaya Mengemudi Pengaruhi Efisiensi Bahan Bakar


Gaya Mengemudi Pengaruhi Efisiensi Bahan Bakar

Sebagai pemilik mobil, semakin irit mobil kita tentu saja akan semakin baik. Taukah Anda kalau gaya mengemudi ternyata juga mempengaruhi efisiensi bahan bakar, yuk baca penjelasan lengkapnya.

Spesifikasi sebuah mobil, termasuk kondisi komponen-komponennya, memang berpengaruh terhadap keiritan mobil tersebut. Tetapi gaya mengemudi juga berkontribusi terhadap irit atau borosnya mobil, dan cara mengemudi merupakan kebiasaan yang sulit untuk diubah.

Apabila pengemudi terbiasa berkendara dengan kecepatan tinggi, sering menginjak pedal gas hingga penuh kemudian beralih ke pedal rem secara mendadak, kebiasaan seperti ini tentu saja akan membuat konsumsi bahan bakar mobil semakin boros. Borosnya bahan bakar dengan gaya mengemudi seperti ini akan semakin terasa saat menempuh jarak yang jauh.

Sebaliknya, gaya mengemudi yang lebih santai di mana pengemudi hanya memacu kendaraan secukupnya dan mempertahankan kecepatan konstan, tentu saja akan membuat mobil lebih irit bahan bakar.

Oleh karena itu, mari kita biasakan untuk berkendara dengan lebih santai supaya tidak boros bahan bakar. Gaya mengemudi yang lebih santai juga mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.