Cek Rem Mobil di Musim Hujan


Cek Rem Mobil di Musim Hujan

Saat musim hujan, permukaan jalan seringkali basah dan licin, membuat kinerja rem mobil semakin berat. Untuk alasan keselamatan berkendara, pastikan Anda memeriksa rem mobil untuk memastikannya dalam kondisi baik.

1. Kampas rem

Komponen pertama yang perlu diperhatikan saat memeriksa rem mobil adalah kampas rem. Bila kampas rem masih tebal, Anda cukup membersihkannya saja. Sebaliknya, bila kampas rem sudah tipis atau habis, Anda perlu segera menggantinya.

2. Piringan rem

Kerataan permukaan piringan rem juga perlu diperhatikan. Apabila komponen ini mengalami keausan yang tidak merata, hal ini berpotensi menimbulkan getaran saat mengerem, yang bisa dirasakan pada pedal rem.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan apakah piringan rem masih bisa dibubut atau sudah perlu diganti.

3. Minyak rem

Komponen selanjutnya yang perlu diperiksa adalah minyak rem. Dalam hal ini, pemeriksaan bertujuan memastikan kondisi minyak rem masih baik dan tidak ada kebocoran.

Pemeriksaan harus dilakukan secara rutin dan penggantian minyak rem dilakukan sesuai rekomendasi bengkel resmi.

 

Karena rem mobil berhubungan dengan keselamatan berkendara, maka pemeriksaan harus dilakukan secara teliti oleh mekanik yang sudah terlatih. Pastikan Anda melakukan perawatan berkala di bengkel resmi supaya pengecekan dan perawatan rem mobil lebih terjamin.

Pastikan juga Anda menggunakan suku cadang asli supaya kinerja rem mobil Anda selalu optimal sekaligus memberikan rasa aman saat berkendara.