Spoiler Mobil Bukan Sekedar Hiasan, Ini Fungsinya


Fungsi Spoiler Mobil

Spoiler merupakan salah satu dari berbagai macam aksesoris yang bisa ditambahkan pada mobil. Pemasangan spoiler sudah jelas akan membuat mobil tampak lebih sporty. Namun, fungsi spoiler bukanlah sekedar hiasan supaya mobil terlihat lebih keren, lalu apa fungsi utamanya?

Fungsi penting dari spoiler berhubungan dengan aerodinamika pada mobil. Ketika melaju dengan kecepatan tinggi, tekanan udara akan mempengaruhi pergerakan mobil. Udara yang melewati mobil atau mengalir di sekitar mobil akan menghasilkan gaya angkat. Semakin kencang mobil melaju, semakin tinggi gaya angkat tersebut, membuat mobil melayang dan tidak stabil.

Dengan kehadiran spoiler di bagian belakang mobil, komponen ini akan menghambat aliran udara ketika mobil sedang melaju, sehingga menghasilkan tekanan ke bawah untuk mengurangi gaya angkat aliran udara. Dengan begitu, mobil bisa melaju dengan lebih stabil pada kecepatan tinggi.

Spoiler umumnya dipasang di bagian belakang mobil, dan tersedia dalam berbagai model dan bahan yang disesuaikan dengan penggunaan mobil. Ada juga spoiler yang dipasang di bagian depan mobil, yang seringkali digunakan oleh mobil balap untuk meningkatkan kendali mobil ketika melaju dengan kencang.

Jadi, selain membuat mobil tampil lebih gaya, spoiler juga membantu menyeimbangkan mobil ketika sedang melaju, terutama pada kecepatan tinggi.