Menghadapi Tanjakan & Turunan Dengan Mobil Matic


Tips Menghadapi Tanjakan & Turunan Dengan Mobil Matic

Mobil matic saat ini semakin digemari banyak orang karena pengoperasiannya yang lebih mudah dan santai, terutama saat melewati medan yang sulit, seperti di pegunungan yang memiliki banyak tanjakan dan turunan.

Pada kondisi jalan menanjak, menancap pedal gas saja tidak cukup, sekaligus akan menyebabkan mesin bekerja keras untuk bisa bergerak naik. Dalam kondisi ini, sebaiknya Anda memindahkan transmisi secara manual ke posisi L (Low).

Dengan begitu, gigi transmisi akan terus berada di posisi rendah, memberikan tenaga yang lebih besar sehingga mampu mendaki dengan lebih mudah. Perpindahan ke gigi rendah ini sangat penting dilakukan apabila menghadapi tanjakan yang curam.

Sama halnya ketika Anda melewati jalan menurun, mempertahankan gigi transmisi di posisi rendah akan mencegah mobil supaya tidak meluncur dengan kecepatan tinggi. Selain lebih aman, gigi rendah juga mempermudah pengereman saat melaju turun.

Yuk gunakan teknik mengemudi yang benar, supaya transmisi mobil matic Anda lebih awet. Penerapan teknik ini juga akan membuat kinerja mesin dan rem lebih ringan.

Jangan lupa untuk melakukan service berkala secara rutin untuk memastikan kondisi mesin, transmisi dan rem berfungsi dengan baik. Karena selain menerapkan teknik mengemudi yang benar, kondisi komponen-komponen tersebut juga berperan penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.