ASEAN NCAP Berikan 5 Bintang Kepada Honda WR-V


Honda WR-V ASEAN NCAP

Honda WR-V, produk terbaru sekaligus Small SUV pertama dari Honda, telah meraih nilai tingkat keselamatan tertinggi dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia) pada tanggal 20 Januari 2023.

 

Mengenal ASEAN NCAP

ASEAN NCAP merupakan program evaluasi untuk kendaraan baru di Asia Tenggara yang bertujuan mengukur standar keselamatan setiap kendaraan tersebut, selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran konsumen mengenai pentingnya keselamatan berkendara serta mendorong perkembangan pasar mobil yang lebih aman di kawasan ASEAN. Proses pengujian dilakukan bersama dengan Japan Automobile Research Institute (JARI) dan berlangsung setelah produksi massal model ini dimulai.

Proses pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP meliputi uji Frontal Offset Impact yang menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan penumpang depan serta dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang, dengan kecepatan 64 km/jam saat menabrak penghalang yang terbuat dari aluminium yang bisa hancur. Selain itu, juga dilakukan Side Impact Test yang menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. Selanjutnya Moving Deformable Barrier (MDB) bergerak mendekati mobil dengan kecepatan 50 km/jam.

 

Honda WR-V Dapatkan Nilai Tertinggi

Dalam pengujian ASEAN NCAP ini, Honda WR-V meraih skor 77.07 dari 100 (dengan total skor 94.93/120) setelah berhasil melalui serangkaian uji tabrak dari bagian depan dan samping, serta pengujian fitur-fitur keselamatannya. Honda WR-V juga meraih skor 27.41/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), 42.79/51 untuk Child Occupant Protection (COP), 16.37/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 8.36/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

Small SUV yang satu ini bergabung dalam lini SUV Honda setelah diluncurkan tanggal 2 November 2022 lalu. Honda WR-V juga memiliki ciri khas SUV Honda lainnya seperti ground clearance yang tinggi, performa mesin yang tangguh, kabin yang luas dan fitur keselamatan yang canggih.

 

Fitur Keselamatan Canggih Honda WR-V

Untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi tabrakan, Honda WR-V dilengkapi struktur bodi berteknologi G-CON + ACE with Side Impact Beam yang akan menyebarkan energi benturan untuk melindungi area kabin mobil saat bertabrakan dengan kendaraan lain.

Selain itu, Honda WR-V juga dilengkapi 6 airbags untuk melindungi pengemudi dan penumpang di bagian depan, samping dan pilar. Juga terdapat keselamatan untuk anak-anak yaitu ISOFIX & Tether pada kursi baris kedua yang dirancang untuk mengikat Child Car Seat dengan erat. Fitur Pedestrian Protection turut melengkapi Honda WR-V yang mencakup impact-absorbing wiper pivotimpact-absorbing hoodcollapsible hood hingesleg-impact-absorbing construction, dan impact-absorbing fender, yang berfungsi memperkecil tingkat cedera pada pejalan kaki saat kecelakaan.

Honda WR-V juga dilengkapi teknologi canggih Honda SENSING yang mampu membantu pengemudi dalam mengendalikan kendaraan. Sistem ini menggunakan front wide view camera yang terletak di kaca depan mobil untuk memantau kondisi berkendara sekaligus memberikan informasi mengenai lingkungan sekitar seperti mobil, sepeda motor dan pejalan kaki. Fitur-fitur canggih lain seperti Honda LaneWatch dan Multi-Angle Rearview Camera juga siap membantu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan saat berkendara.

 

Honda WR-V Pilihan Tepat

Pencapaian Honda WR-V ini semakin memperkuat lini SUV Honda, di mana model SUV lain seperti All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V juga telah mendapatkan nilai tingkat keselamatan tertinggi di bulan September 2022 lalu, sedangkan Honda CR-V di tahun 2017. Hal ini membuktikan bahwa Honda selalu mengedepankan keselamatan berkendara. Honda WR-V siap memberikan keamanan dan keselamatan berkendara maksimal, sehingga cocok untuk menemani setiap perjalanan Anda.